Headline

110 Negara Terdeteksi Temuan Omicron

INDOPOSCO.ID – Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sebanyak 110 negara di dunia melaporkan telah mendeteksi adanya temuan kasus Omicron di wilayahnya per 23 Desember 2021.

“WHO melaporkan per 23 Desember 2021, sudah ada 110 negara yang melaporkan telah mendeteksi adanya kasus Omicron,” kata Nadia dalam konferensi pers tentang PPKM secara daring diikuti di Jakarta, Jumat (24/12/2021).

Nadia mengatakan kasus-kasus Omicron tersebut diperoleh baik dari para pelaku perjalanan maupun penularan yang terjadi di suatu komunitas. Artinya, penularan sudah mulai berkembang di dalam masyarakat.

Adanya penularan tersebut dipercayai karena varian Omicron, memiliki tingkat penularan yang tiga kali lebih cepat serta memiliki gejala penularan yang lebih ringan dibandingkan dengan varian Delta.

Baca Juga: Varian Omicron Kemungkinan Tak Terdeteksi Tes PCR

Akhirnya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menekankan bahwa risiko untuk semua negara tertular Omicron masih dikategorikan sangat tinggi. Meskipun hingga kini varian Delta masih 96 persen mendominasi terjadinya kasus penularan di dunia.

“Kita melihat data dari Gauteng, Afrika Selatan. Memperlihatkan karena sifat Omicron yang cepat menular, sehingga jumlah kasus yang akan tertular akan meningkat dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang cepat,” kata Nadia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button