Headline

Bappenas Pastikan Pemindahan Ibu Kota Perhatikan Masyarakat Kaltim

INDOPOSCO.ID – Staf Ahli Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Velix Vernando Wanggai mengatakan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur akan tetap memperhatikan masyarakat lokal.

“Dalam pemindahan ibu kota, kita tidak berpindah di ruang hampa, ruang kosong. Di Kalimantan Timur sudah ada saudara kita yang tinggal. Kalimantan Timur ini beragam. Kita mengembangkan IKN menjadi kota dunia untuk semua, karena kita mengantisipasi pengembangan dunia yang sangat cepat dari sisi budaya,” kata Velix dalam keterangan resmi, Kamis (23/12).

Kementerian PPN/Bappenas pun terus memastikan pemindahan dan pembangunan IKN melibatkan semua pihak dan memberikan ruang inklusif bagi publik. Karena itu diselenggarakan konsultasi publik tentang Rancangan Undang-Undang Tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) di Universitas Indonesia guna menyosialisasikan rencana pembangunan IKN, sekaligus mendapatkan masukan dari akademisi.

Baca Juga : Lokasi IKN Baru Banjir, Pengamat: Penetapannya Layak Ditinjau Ulang

Velix mengatakan hasil diskusi dan masukan dari konsultasi publik ini akan menjadi bahan pendalaman untuk menyempurnakan RUU IKN, salah satunya untuk memastikan pembangunan IKN yang inklusif dan membangun masyarakat di Kalimantan Timur.

“Kita akan melihat aspek perencanaan sosial, ekonomi, dan ekologi, melalui penerapan green economy yang menempatkan konsep ekonomi, ekologi, dan sosial secara bersamaan. Kita akan membuat social planning sebelum perencanaan ekonomi dan fisik,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button