Ekonomi

KemenKopUKM Fokus Redesign Struktur Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menegaskan, di bawah kepemimpinannya, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) tetap fokus menjalankan program-program yang mampu mendongkrak skala ekonomi UMKM.

Hal tersebutkan diungkapkan Teten saat menyampaikan sambutannya dalam acara Refleksi Tahun 2021 dan Outlook Tahun 2022 Kementerian Koperasi dan UKM yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/12).

“Sejak saya dipercaya menjadi Menteri di KemenKopUKM, saya diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk me-redesign kebijakan untuk pengembangan UMKM, mengubah struktur ekonomi kita yang berpuluh-puluh tahun didominasi oleh sektor mikro,” kata Teten.

Baca Juga : Teten: Jumlah Kewirausahaan Perempuan Perlu Ditingkatkan

Sehingga menurutnya, kebijakan di KemenKopUKM yang sekarang ini, tak bisa meneruskan kebijakan-kebijakan lama, yang tak mampu mengubah struktur ekonomi. Pasalnya sejak krisis 1998, 2008 dan saat ini krisis akibat pandemi, sektor ekonomi mikro yang masih mendominasi usaha.

“Memang sekitar 97 persen penyerapan tenaga kerja itu didominasi UMKM, namun UMKM nya masih level mikro, di mana sistem ekonominya unstable tingkat rumah tangga. Untuk itu, sektor ini perlu kita naikkan, jangan jadi mikro terus,” ungkap Teten.

Diakuinya, saat ini mindset UMKM mulai sedikit berubah. Jika dahulu hanya berkutat pada usaha yang itu-itu saja. Sekarang UMKM mulai mengubah sedikit demi sedikit konsep usaha dengan berbagai inovasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button