Ekonomi

Lirik Potensi Ekspor Produk UMKM, Bea Cukai Lakukan Asistensi

INDOPOSCO.ID – Melihat potensi produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia, Bea Cukai secara kontinu melakukan asistensi ekspor di berbagai daerah. Kali ini asistensi dilakukan Bea Cukai kepada para pelaku UMKM di Tasikmalaya, Jayapura, dan Denpasar.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, mengungkapkan bahwa banyak UMKM yang terkena imbas pandemi Covid-19.

“Karena pandemi, tidak sedikit UMKM yang mengalami masalah finansial, oleh karena itu pelaku usaha harus didorong agar produk-produk mereka dapat bersaing, diminati, dan menembus pasar internasional,” imbuhnya.

Baca Juga : Tingkatkan Pengawasan, Bea Cukai Laksanakan Pemantauan Harga Transaksi Pasar Rokok

Di Tasikmalaya, Kanwil Bea Cukai Jawa Barat membuat inisiasi untuk mempromosikan produk IKM di wilayahnya dengan mengundang atase keuangan dari 4 negara, yaitu Singapura, Jepang, Hongkong dan Belgia, Kamis (09/12). Dalam keiatan ini, atase keuangan di 4 negara tersebut juga memaparkan terkait karakteristik penduduk di negaranya, serta komoditas yang diminati negara tersebut.

Firman menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini dibahas terkait kendala yang dihadapi para pengusaha IKM. Seperti kendala mencari buyer, keterbatasan modal, legalitas persyaratan ekspor yang belum dipenuhi, dan kepercayaan terhadap aparat pelayanan publik.

“Dalam kegiatan tersebut juga dipaparkan solusi atas permasalahan yang dihadapi. Beberapa produk unggulan dari wilayah Priangan Timur turut ditampilkan untuk memberikan gambaran kepada para atase keuangan, dengan harapan produk tersebut cocok dan bisa dipasarkan di sana. Saya harap dapat segera ditindaklanjuti dengan pertemuan berikutnya, dengan menghadirkan IKM agar dapat berkomunikasi secara langsung,” ujar Firman.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button