Nusantara

Dukung Gernas BBI dan BBWI Riau 2024, Kemenhub Serahkan Pas Kecil dan Life Jacket Gratis

Gernas BBI/BBWI Riau 2024
Tahun 2024 menjadi tahun ke-4 Kementerian Perhubungan terlibat aktif dalam pelaksanaan Gernas BBI dan BBWI. Sebagai campaign manager, Kemenhub mengawal pencapaian target transaksi penjualan UMKM dan perjalanan wisata ke Provinsi Riau, berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Riau yang bertindak sebagai co-campaign manager, serta pemangku kepentingan lainnya seperti Kemenkomarvest, Bank Indonesia, OJK, BUMN, media, dan Top Brands.

Untuk pelaksanaan Gernas BBI dan BBWI pada tahun ini, Pemerintah telah menargetkan tiap daerah untuk meningkatkan transaksi usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga minimal sebesar Rp50 miliar rupiah. Sedangkan untuk serapan Produk Dalam Negeri (PDN) sebesar 95% dari total Pengadaan Barang dan Jasa.

Provinsi Riau sendiri berhasil mencapai target tersebut dengan nilai transaksi UMKM sebesar Rp70 miliar, meningkat dari tahun sebelumnya yakni Rp65 miliar. Sementara pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk realisasi PDN per Juni 2024 yaitu sebesar Rp1,97 triliun atau 97 persen.

Selain itu, pembiayaan sebesar Rp4,09 triliun telah disalurkan kepada UMKM periode Januari sampai dengan April 2024. Begitu pula jumlah UMKM di Provinsi Riau yang onboarding pada platform e-commerce sebanyak 1.521 UMKM dan akan terus meningkat sampai dengan akhir tahun 2024.

Gernas BBI yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 telah menjadi inisiasi penting dalam mendorong optimalisasi belanja pemerintah untuk produk dalam negeri. Pada tahun 2023-2024, cakupan Gernas BBI diperluas dengan penambahan program BBWI, sebuah langkah strategis untuk meningkatkan pariwisata domestik dan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). (ibs)

Laman sebelumnya 1 2
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button