Nusantara

Dukung Gernas BBI dan BBWI Riau 2024, Kemenhub Serahkan Pas Kecil dan Life Jacket Gratis

INDOPOSCO.ID – Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Riau 2024, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Pekanbaru menyerahkan 60 pas kecil dan 180 life jacket secara gratis kepada pemilik dan operator kapal di Pekanbaru dan sekitarnya.

Penyerahan tersebut dilakukan secara simbolis pada gelaran puncak acara gernas atau harvesting bertepatan dengan diselenggarakannya malam puncak Hari Jadi Kota Pekanbaru ke 240 di Mall Pelayanan Publik Pekanbaru (23/6).

Kepala KSOP Kelas II Pekanbaru, Sadeli menjelaskan bahwa pas kecil merupakan dokumen kepemilikan kapal yang harus dimiliki setiap pemilik atau operator kapal dibawah GT 7. Sebelum menerbitkan pas kecil, pihaknya telah melakukan inspeksi dan pengukuran sehingga kapal-kapal tersebut memenuhi aspek keselamatan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Program ini sudah kita mulai sejak 2-3 bulan yang lalu. Karena di sisi lain bahwa kita ini di dalam wilayah Kota Pekanbaru, artinya harus bersinergi dengan masyarakat tentunya untuk menumbuhkan perekonomian di Kota Pekanbaru ini,” ujar Sadeli.

Jenis kapal yang dilakukan pengukuran dan penerbitan pas kecil meliputi kapal penangkap ikan sebanyak 27 unit, kapal penyeberangan orang dan kendaraan 25 unit, serta kapal wisata 8 unit. Dari jumlah tersebut, 26 unit akan beroperasi di Pekanbaru, 24 unit di Perawang, 2 unit di Buatan, dan 8 unit di Siak. Upaya ini tidak hanya untuk meningkatkan keselamatan perairan tetapi juga mendorong ekonomi lokal dengan memastikan kapal-kapal ini dapat beroperasi dengan baik sesuai standar keselamatan.

Bagi kapal-kapal yang telah memperoleh pas kecil, akan dibagikan pula life jacket yang juga merupakan bantuan dari stakeholder terkait seperti perusahaan pulp and paper, PT. Pelindo, serta PT. Pertamina.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button