Nasional

BRIN Tekankan Penelitian Ilmiah untuk Produk Tembakau Alternatif

INDOPOSCO.ID – Peneliti Pusat Riset Teknologi Pengujian dan Standar dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof Bambang Prasetya menekankan penelitian ilmiah dalam pemanfaatan produk tembakau alternatif sebagai upaya menekan risiko penyakit akibat merokok.

“Saya melihat bahwa sesuatu yang berbasis pada riset itu bisa dipakai platform untuk mengambil keputusan yang baik,” kata Bambang melalui keterangan di Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (4/7/2024).

Bambang menyebut saat ini pihaknya tengah melakukan penelitian di bidang produk tembakau alternatif yang dilakukan di laboratorium independen terakreditasi.

Berdasarkan hasil sementara, penelitian BRIN menunjukkan bahwa produk tembakau alternatif memiliki kandungan zat berbahaya yang jauh lebih rendah ketimbang rokok konvensional.

“Kajian ilmiah mengenai produk tembakau alternatif perlu menimbang antara manfaat dan profil risikonya, yang dalam konteks ini terdiri atas tiga pilar pertimbangan dalam sistem pengkajian penjaminan risiko,” ujarnya.

Di antaranya, jelas Bambang, secara bioethics untuk memastikan kelancaran adopsi berdasarkan pertimbangan moral dan etika. kemudian biosafety risk assessment untuk memastikan analisis dan sertifikasi risiko berbasis ilmiah, serta conformity assessment dari segi standar dan akreditasi untuk memastikan ketertelusuran dan saling pengakuan laboratorium.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button