Nusantara

BPBD Banten Ingatkan Warga Waspada Cuaca Ekstrem

INDOPOSCO.ID – Musim liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Provinsi Banten diprediksi akan dibayangi dengan terjadinya cuaca ekstrem berupa hujan lebat sampai dengan sangat lebat yang disertai angin kencang serta sambaran petir, sehingga warga diminta waspada.

“Data yang masuk dari BMKG ke kami akan ada cuaca ekstrem di wilayah Banten utamanya berupa hujan lebat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten Nana Suryana di Serang, seperti dikutip Antara, Rabu (21/12/2022).

Terkait data dari BMKG tersebut, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi kebencanaan dan pengamanan di Banten, seperti dengan TNI/Polri hingga unsur relawan kebencanaan.

Baca Juga : BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan akibat Hujan Es di Jakarta

“Rencananya besok kita akan rakor dengan mereka memfinalkan strategi penanganan bencana pada libur kali ini,” katanya.

Nana mengatakan rakor akan menyandingkan data BMKG tersebut dengan peta rawan bencana Provinsi Banten yang menjadi pegangan stakeholder kebencanaan di Provinsi Banten sebelumnya. Peta rawan bencana dimaksud menyebutkan potensi bencana banjir dan longsor berada di wilayah Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan sebagian Kota Serang.

“Secara umum sebetulnya semua kabupaten/kota di Banten rawan bencananya, baik karena hujan maupun banjir kiriman,” kata Nana.

Adapun untuk potensi bencana tsunami dan gempa, kata Nana, berada di wilayah yang berada di garis pantai selatan seperti Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button