Nusantara

Moderasi Beragama Masyarakat Suku Badui Sangat Tinggi

INDOPOSCO.ID – Masyarakat suku Badui di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten menganut kepercayaan Sunda Wiwitan. Sunda Wiwitan  adalah kepercayaan pemujaan terhadap kekuatan alam dan arwah leluhur yang bersatu dengan alam.

Ada yang berpendapat bahwa Sunda Wiwitan juga memiliki unsur monoteisme purba, yaitu di atas para pangersa dan hyang dalam pantheonnya terdapat dewa tunggal tertinggi maha kuasa yang tak berwujud yang disebut Sang Hyang Kersa yang setara dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Pemerhati masyarakat Badui Uday Suhada mengatakan kepercayaan Sunda Wiwitan yang dianut suku Badui diwariskan secara turun temurun oleh leluhur mereka lewat tradisi lisan bukan tulisan. Cara tokoh adat Badui mewariskan nilai-nilai kepercayaan Sunda Wiwitan adalah dengan keteladanan (teladan hidup) bukan diajarkan secara tertulis.

Berita Terkait

Baca Juga : Mantan Kades di Tangerang Jadi Tersangka Pungli

“Mereka percaya keseimbangan alam, berdamai dengan alam, menghormati leluhur akan membawa kedamaian, keharmonisan dan kesejahteraan. Karena itu, dalam setiap upacara Seba Badui, mereka selalu berpesan kepada pemerintah untuk menjaga kelestarian hutan dan lingkungan. Karena merusak lingkungan dan hutan sama artinya merusak kedamaian dan keharmonisan kehidupan,” ujar Uday kepada indopos.co.id, Kamis (8/12/2022).

Uday yang pernah melakukan penelitian di komunitas suku Baduy ini mengatakan, hutan dan lingkungan di kawasan Badui terjaga dengan baik karena mereka memegang kepercayaan Sunda Wiwitan.

“Mereka sangat menjaga keseimbangan alam. Hutan lindung di kawasan Badui terjaga dengan baik. Mereka membuka kebun di lahan yang memang sudah ditetapkan tokoh adat untuk berkebun. Sedangkan kawasan yang dilindungi tidak pernah tersentuh,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button