Nusantara

MUI Lebak: Kerukunan Umat Beragama di Badui Kondusif

INDOPOSCO.ID – Meski masih memegang teguh kepercayaan dengan agama Sunda Wiwitan, adat dan budaya nenek moyang, namun warga Suku Badui Dalam yang bermukim di tiga Kampung. Yaitu, Kampung Cikertawana, Cibeo dan Cikeusik, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, kerukunan beragama bagi warga Suku Badui, baik Badui Dalam,Badui Luar yang bermukim di Desa Ciboleger dan masyarakat luar sangat kondusif.

Hal ini dikatakan oleh Kyai H Wawan Gunawan ketua 4 yang membidangi Ukwuwah Islamiyah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lebak.

“Menurut saya, selama ini kerukunun antar umat beragama di daerah suku Badui sangat kondusif, karena MUI Kabupaten Lebak maupun MUI Provinsi Banten bekerjasama dengan Pemda Lebak serta kantor Kementerian Agama termasuk Baznas (Badan Amal Zakat Nasional) dan organisasi keagamaan senantiasa bekerjasama dalam melaksanakan pembinaan kepada para mualaf yang berasal dari suku Badui,” terang Wawan kepada indopos.co.id di Rangkasbitung, Sabtu (10/12/2022).

Baca Juga : Pasca Gempa Bayah, Sungai Cibareno Mendadak Meluap

Wawan mengaku, beberapa waktu lalu ada peristiwa beberapa kelompok dari non muslim yang melaksanakan kegiatan bakti sosial di suku Badui yang telah memeluk agama Islam.Namun, setelah dikonfirmasi oleh Pemkab Lebak dan Kemenag (Kementerian Agama) serta FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) kegiatan tersebut tidak membawa misi agama namun murni kegiatan bakti sosial.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button