Nusantara

Namanya Rosa, Bayi Badak Sumatera yang Melahirkan di Way Kambas

INDOPOSCO.ID – Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) bernama Rosa di Pusat Penangkaran Badak Sumatera Taman Nasional Way kambas (TNWK) melahirkan anak berjenis kelamin betina.

Siaran Pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang disiarkan Balai TNWK diterima di Lampung Timur, Senin, menyebutkan anak badak sumatera itu lahir pada Kamis (24/3/2022), pukul 11.44 WIB.

Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Wiratno menyampaikan anak badak ini hasil perkawinan badak jantan bernama Andatu dan badak betina bernama Rosa.

Kelahiran anak badak Rosa ini menambah jumlah badak yang berada di SRS TNWK menjadi delapan ekor.

Baca Juga : Kebun Raya Itera Jadi Tempat Konservasi Tanaman Identitas Sumatera

Selain badak Rosa, badak lain yang saat ini menempati SRS TNWK adalah Bina (betina), Ratu (betina), Andalas (jantan), Harapan (jantan), Andatu (jantan), dan Delilah (betina).

“Kelahiran badak sumatera ini merupakan sebuah kabar gembira di tengah upaya Pemerintah Indonesia dan mitra kerja meningkatkan populasi badak sumatera,” ujarnya seperti diikutip Antara, Senin (28/3/2022).

Wiratno menyampaikan terima kasih atas kerja tim dokter hewan dan para perawat yang terus-menerus mengawasi perkembangan kebuntingan badak Rosa hingga perawatan pascapersalinan.

Berdasarkan keterangan Ketua Tim Dokter Hewan SRS TNWK drh. Zulfi Arsan, Rosa menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan sekitar pukul 09.00 WIB. Proses kelahiran selama hampir tiga jam sampai dengan bayi badak lahir.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button