Nusantara

Kebun Raya Itera Jadi Tempat Konservasi Tanaman Identitas Sumatera

INDOPOSCO.IDKebun Raya Institut Teknologi Sumatera (Itera) seluas 75,52 hektare yang akan diresmikan Juni mendatang akan menjadi tempat konservasi tanaman identitas Sumatera.

Kebun raya ini mengangkat tema konservasi tumbuhan pamah Sumatera, yaitu tumbuhan-tumbuhan dataran rendah di Pulau Sumatera, dengan ikon pohon Gaharu,” kata Pengelola UPT Konservasi Flora Sumatera atau Kebun Raya Itera, Alawiyah, seperti dikutip Antara, Rabu (2/3/2022).

Ia mengatakan bahwa menjelang diresmikan kebun raya terus melengkapi berbagai koleksi tanaman khas Sumatera, hingga fasilitas pendukung, hal tersebut sejalan dengan tujuan forest campus.

Kebun Raya Itera kini telah menjalankan lima fungsi utama yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, wisata, dan jasa lingkungan,” ujarnya.

Alawiyah menyampaikan kegiatan yang biasanya dilakukan di kebun raya seperti penelitian para dosen dan mahasiswa, berkebun, konservasi atau penanaman, praktikum.

“Rencana akan diresmikan Juni mendatang sebagai pertanda bahwa Kebun Raya Itera sudah bisa diakses masyarakat umum, karena sudah mampu menjalankan lima fungsi utamanya,” ujarnya.

Baca Juga: Rekomendasi Desa Wisata saat Berkunjung ke Mandalika

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button