Nusantara

Tersangka Korupsi Proyek Tulungagung Nyicil Rp327 Juta ke Negara

INDOPOSCO.ID – Direktur PT Kia Graha berinisial AK yang menjadi tersangka korupsi proyek pelebaran jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mengembalikan uang kerugian negara sebesar Rp327 juta.

“Ini merupakan pengembalian kesekian kalinya dari total uang kerugian negara sebesar Rp2,4 miliar,” kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Tulungagung Agung Tri Radityo di Tulungagung, Sabtu (19/2/2022).

Jumlah uang yang sudah disetor AK sebagai cicilan pengembalian uang kerugian negara saat ini sebesar Rp2 miliar. Masih ada kekurangan sebesar Rp433 juta. “Tersangka menyatakan kesanggupannya untuk mengembalikan dengan cara mencicil (pembayaran bertahap hingga lunas, red),” ujarnya.

Dari perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kerugian negara dari empat proyek itu sebesar Rp2,4 miliar. AK menyerahkan sendiri uang pengembalian tersebut ke Kejari Tulungagung, yang kemudian dititipkan ke rekening penitipan barang bukti. “Nanti pada proses persidangan diperhitungkan sebagai uang pengganti,” kata Agung.

Pengambilan kerugian negara ini merupakan kewajiban tersangka. Pihaknya tak akan memaksa tersangka untuk mengembalikan. “Secara otomatis yang bersangkutan mengembalikan (kerugian negara), akan berpengaruh dalam tuntutan,” ujar Agung dilansir Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button