Nusantara

Masa Pandemi, Ratu Tatu Chasanah: Angka Pengangguran di Kabupaten Serang Turun Jadi 10,58 Persen

INDOPOSCO.ID – Dampak Covid-19 cukup berpengaruh terhadap indikator makro pembangunan, termasuk indikator strategis daerah.

Namun Kabupaten Serang dinilai mampu mengalami perbaikan mulai dari peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM), hingga penurunan angka pengangguran.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi antara Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Serang dengan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah beserta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Pendopo Bupati Serang, Kamis (6/1/2022).

Baca Juga : Wapres Minta Perguruan Tinggi Beri Solusi Atas Masalah Pengangguran

“Alhamdulillah, indikator-indikator pembangunan mengalami peningkatan,” kata Tatu di sela-sela rapat.

Menurut data BPS, angka pengangguran terbuka Kabupaten Serang sempat mengalami kenaikan dari 10,58 persen pada 2019, menjadi 12,22 persen pada 2020.

Namun kemudian menurun kembali pada 2021 menjadi 10,58 persen. Angka ini juga melepaskan status Kabupaten Serang sebagai daerah dengan pengangguran tertinggi di Banten.

“Untuk menekan angka pengangguran ini, saya perintahkan secara langsung Pak Sekda untuk melakukan koordinasi dengan pihak industri-industri agar maksimal menyerap tenaga kerja lokal. Harus dikawal lebih fokus lagi,” ujar Tatu.

Baca Juga : Atasi Pengangguran, Pemprov Banten Disarankan Bangun BLK

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button