Nusantara

Banjir Rob, Tiga Kampung di Distrik Amar, Papua Rusak Parah

INDOPOSCO.ID – Sejumlah rumah warga Kampung Amar, Kawar dan Manuare, di Distrik Amar rusak parah akibat terjangan banjir rob disertai ombak setinggi tiga hingga empat meter pada Kamis (6/1/2022) dini hari.

“Berdasarkan laporan dari Tim Baznas Tanggap Darurat Kabupaten Mimika yang turun ke Distrik Amar sejak Kamis (6/1/2022) petang, air laut mulai masuk ke kampung sekitar pukul 04.00 WIT. Ombak besar mulai menghantam rumah warga yang berada di pinggir pantai. Kondisi itu berlangsung selama satu jam dengan ketinggian ombak sekitar tiga sampai empat meter,” ujar Wakil Bupati Mimika, Papua, Johannes Rettob saat dihubungi dari Timika, Jumat (7/1/2022).

Akibat kejadian alam itu, warga tiga kampung di Distrik Amar itu tidak bisa melakukan aktivitas mencari ikan di laut karena kondisi angin kencang disertai ombak tinggi.

Warga yang kehilangan rumah dan rumah rusak parah untuk sementara berlindung dan mengungsi di balai kampung (desa). Tidak sedikit harta benda warga hanyut ke laut dan rusak setelah rumah mereka dihantam banjir rob.

Baca Juga: Banjir Jayapura Capai 2 Meter, 1 Warga Meninggal Dunia

Kepala Kampung Amar Lodiwik Mameyao menyatakan warga yang bermukim di wilayahnya sebanyak 160 kepala keluarga dengan 569 jiwa. Kerugian yang diderita akibat terjangan banjir rob di Amar yaitu tiga unit rumah hilang, 30 jiwa warga mengungsi terdiri atas 16 orang dewasa, tiga bayi dan 11 anak-anak.

Terdapat tujuh rumah di Kampung Amar yang mengalami rusak sedang, satu perahu fiber hilang, gapura kampung rusak berat dan dua unit jembatan menuju kampung rusak berat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button