Nusantara

Dukung Pengembangan Pariwisata di Bunaken, Ratusan Homestay Dibangun Kementerian PUPR

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah menyelesaikan pembangunan dan merevitalisasi ratusan unit rumah tidak layak huni melalui Program Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta).

Adanya bantuan perumahan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas rumah swadaya untuk usaha pondok wisata (Homestay) dan usaha pariwisata lainnya dalam mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Likupang – Manado, Provinsi Sulawesi Utara.

“Program Sarhunta ini merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah guna mendukung pemulihan pariwisata di daerah,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, Jum’at (19/11/2021).

Menurut Khalawi, Program Sarhunta juga dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya mereka yang tinggal di kawasan pariwisata yang juga terdampak pandemi Covid-19. Selain itu, Program Sarhunta ini bermanfaat dalam peningkatan kualitas rumah masyarakat di sekitar KSPN Likupang khususnya di Mepulauan Bunaken, Manado.

“Pembangunan Sarhunta berupa homestay di KSPN Likupang dan Bunaken merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam hal meningkatkan ekonomi dan sektor pariwisata dan bermanfaat bagi warga sekitar. Kami harap Pemerintah daerah melalui dinas pariwisata dapat bersinergi untuk memberikan penyuluhan serta pembinaan kepada masyarakat tentang pengelolaan pariwisata serta melakukan promosi melalui media massa agar masyarakat bisa menikmati keindahan alam dan tinggal di homestay ini.

Kami harap ke depan pengelola dan dinas pariwisata dapat melakukan sinergi semacam pelatihan dalam pegelolaan homestay sebab masyarakat di sana masih banyak yang belum paham akan stadarisasi pengelolaan pariwisata,” harapnya.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bantu PSU Rumah Subsidi di Kalimantan

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button