Nusantara

Jalankan Fungsi Asistensi Industri, Bea Cukai Hadir Lebih Dekat bagi Pelaku Usaha Lewat Program CVC

INDOPOSCO.ID – Kegiatan customs visit customers (CVC) terus dilakukan Bea Cukai dalam rangka menggali potensi usaha dalam negeri. Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi dari fungsi Bea Cukai dalam memberikan industrial assistance.

Kegiatan CVC di awal November kemarin salah satunya dilakukan oleh Bea Cukai Cilacap yang mengunjungi pabrik rokok PR Prabu Jaya Utama. Perusahaan yang berlokasi di Kebumen tersebut telah mendapatkan nomor pokok pengusaha barang kena cukai pertengahan Maret 2021. “Produksi perusahaan ini terus berjalan dan dalam waktu dekat akan memproduksi 3.000 batang cerutu dengan merek baru,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Cilacap, Wisnu Wibowo.

Lewat kegiatan asistensi tersebut Bea Cukai Cilacap menginformasikan bahwa untuk dapat memproduksi hasil tembakau dengan merek baru, pengusaha pabrik harus mengajukan permohonan penetapan tarif hasil cukai tembakau untuk merek baru kepada Bea Cukai.

Selain di wilayah Cilacap, asistensi ke perusahaan juga dilaksanakan oleh Bea Cukai Marunda. PT Andalan Furindo yang berlokasi di pergudangan Marunda Center menjadi perusahaan yang didatangi Bea Cukai.

Indra Permana selaku Supply Chain Manajer (SCM) PT Andalan Furnindo memaparkan proses bisnis perusahaan. Sejak tahun 2013, PT Andalan Furnindo telah mendapatkan izin sebagai Perusahaan Penerima Fasilitas Gudang Berikat. Di Gudang Berikat PT Andalan Furnindo, barang yang diimpor untuk ditimbun berupa barang curah yaitu raw sugar. “Kami mengimpornya dari 4 negara (Brazil, India, Thailand, dan Australia) setelah sebelumnya telah mendapat persetujuan impor dari Kementerian Perdagangan” jelas Indra.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button