Nusantara

BPBD Jember: 577 Rumah Terkena Banjir dan Longsor

INDOPOSCO.ID – Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo mengatakan sebanyak 577 rumah warga terdampak banjir dan tanah longsor yang tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

“Berdasarkan data Pusdalops pada 10 November 2021 pukul 21.35 WIB tercatat bencana banjir dan longsor¬†terjadi di 6 desa yang tersebar di tiga kecamatan dengan jumlah rumah warga yang terdampak sebanyak 577 rumah,” katanya di Jember, seperti dikutip Antara, Kamis (11/11/2021).

Banjir dan tanah longsor menerjang Kecamatan Sumberbaru, Tanggul, dan Semboro pada Rabu (10/11) sore sampai malam, sehingga ratusan warga mengungsi di beberapa lokasi di antaranya di Balai Desa Pondok Joyo, Kecamatan Semboro pada Rabu (10/11) malam.

Baca Juga : Ratusan Warga Mengungsi Akibat Banjir dan Longsor di Jember

“Hujan deras yang terjadi di sebagian wilayah Jember mengakibatkan debit air di aliran sungai meningkat dan meluap ke permukiman warga hingga ketinggian 70 cm, sehingga petugas mengevakuasi warga terutama anak-anak, lansia, dan ibu-ibu,” katanya.

Ia mengatakan sebanyak 230 warga yang mengungsi ke lokasi yang aman dari terjangan banjir, namun pada Kamis pagi sebagian warga yang mengungsi kembali ke rumahnya masing-masing karena banjir sudah mulai surut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button