Nusantara

Terkait Isu Kekerasan di Lapas, Begini Penjelasan Kakanwil Kemenkumham Yogyakarta

INDOPOSCO.IDLapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta melakukan klarifikasi terkait tudingan terjadinya tindak kekerasan dan pelecehan terhadap seorang warga binaan yang bernama Vincentius Titih seperti yang dimuat oleh sejumlah media massa.

Berdasarkan hasil investigasi sementara yang dilakukan Tim Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) D.I. Yogyakarta yang bersangkutan telah ditempatkan sesuai dengan asessment yang ada.

“Berdasarkan pengaduan Vincentius Titih ke Ombudsman RI Perwakilan DIY bahwa pihak lapas telah melakukan tindak kekerasan terhadap dirinya selama di Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta.

Baca Juga :  Kemenkumham Telah Berikan yang Terbaik kepada Keluarga Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Maka Kanwil Kemenkumham sudah mengirim Tim Investigasi yang bergerak pada tanggal 1 November 2021 pukul 14.00 WIB – 21.00 WIB untuk melakukan penelusuran kebenaran pengaduan tersebut melalui pemantauan dan wawancara langsung dengan warga binaan dan petugas.

“Kegiatan investigasi kemudian dilanjutkan pada tanggal 2 November 2021 mulai pukul 08.00 WIB dan kambali berdialog untuk menggali informasi yang lebih mendalam tentang pengaduan tersebut, baik dengan warga binaan maupun petugas di 5 wisma yang ada dan juga anggota regu pengamanan baik yang sedang berdinas termasuk Kalapas,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham D.I. Yogyakarta, Budi Argap Situngkir kepada indoposco.id, Rabu (3/11/2021).

Budi juga menjelaskan berdasarkan investigasi sementara yang dipimpin langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan, tim Investigasi mendapati fakta bahwa tindakan kekerasan tersebut tidak pernah ada.

Baca Juga :  Tiga Warga Lapas IIA Pontianak Diduga Keracunan Minuman Oplosan

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button