Nusantara

Bupati Serang Dorong Kebangkitan UMKM di Tengah Pandemi

INDOPOSCO.ID – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mendorong kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tengah pandemi Covid-19. Salah satu komunitas yang digandeng adalah Graha Kreatif, asal Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang.

“Soal infrastruktur jalan tinggal sedikit lagi tuntas. Sekarang dan tahun depan, merupakan waktu untuk kebangkitan UMKM. Kita gerakan ekonomi masyarakat dari bawah,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di Pendopo Bupati Serang, Senin (11/10/2021).

Menurut Tatu, infrastruktur jalan sudah dilakukan betonisasi hingga ke pelosok, dan akan mempermudah aksesibilitas ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, ekonomi kreatif masyarakat harus turut dibangkitkan.

“Kita bangkitkan ekonomi UMKM dari hulu hingga hilir, dari persoalan modal hingga pemasaran,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Serang berdiskusi dengan Founder Graha Kreatif Johani Fauzi dan Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) Kabupaten Serang.

Menurut Tatu, salah satu sistem pengembangan UMKM yang sukses dijalankan dari kemandirian masyarakat sudah dilakukan Graha Kreatif. Berbagai produk UMKM sudah diciptakan dan layak masuk ke pasaran.

“Apa yang sudah dilakukan Graha Kreatif adalah salah satu model pengembangan UMKM di Kecamatan Jawilan. Pemda harus bisa menduplikasi untuk dijadikan model pengembangan UMKM yang lebih luas, bisa untuk semua kecamatan,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button