Nasional

Anggota DPR Sebut RUU Watimpres akan Perkuat Tugas dan Fungsi Lembaga

INDOPOSCO.ID – Anggota DPR RI Eddy Soeparno mengatakan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2006 tentang Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) bakal memperkuat tugas dan fungsi lembaga tersebut.

Dengan merevisi undang-undang itu, menurutnya tugas pokok dan fungsi lembaga tersebut akan menjadi jelas. Selain itu, menurutnya Wantimpres harus memberikan nasehat dan masukan kepada Presiden, baik diminta maupun tidak.

“Jadi saya kira itu sangat penting agar Presiden memiliki pemahaman yang luas,” kata Eddy di Kompleks Parlemen, Jakarta, seperti dilansir Antara, Kamis (11/7/2024).

Selain itu, dia menilai Wantimpres tidak mungkin bila berubah nama menjadi Dewan Pertimbangan Agung karena harus menempuh amandemen Undang-Undang Dasar 1945. Sehingga, menurutnya, RUU tersebut hanya bakal menguatkan Wantimpres sebagai lembaga yang ada.

Untuk itu, menurutnya Wantimpres harus diisi oleh tokoh-tokoh senior yang berpengalaman dari berbagai latar belakang. Khususnya, peran-peran dari tokoh senior itu harus bisa membuat pertumbuhan ekonomi lebih optimal.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button