Nasional

Dompet Dhuafa, Kemenko PMK, Dubes RI dan HFI Groundbreaking Masjid di Long Xuyen

Dubes RI dalam sambutannya menyatakan apresiasi yang tinggi untuk keterlibatan lembaga filantropi islam dari Indonesia sehingga bisa mewujudkan masjid untuk masyarakat muslim di Long Xuyen yang sudah 10 tahun ini tidak memiliki tempat ibadah.

Prof. Muhadjir Effendi selaku Menko PMK menyampaikan, Indonesia menyambut baik aspirasi Komunitas Muslim di Vietnam Selatan dan berterima kasih atas dukungan masyarakat Indonesia melalui penggalangan dana oleh lembaga filantropi islam yang tergabung dalam Humanitarian Forum Indonesia yang juga telah tersampaikan kepada Presiden RI, Bapak Joko Widodo. Beliau menyambut baik pembangunan Masjid Salamad Indonesia atas kolaborasi lembaga filantropi islam sehingga semakin mempererat hubungan diplomatik Indonesia dan Vietnam.

Kerinduan untuk dapat merasakan indahnya beribadah di rumah suci sudah begitu lama dirasakan oleh masyakat muslim di Long Xuyen. Hal ini dirasakan, Thi Ri Yah, usia 86 tahun, bersama anak-anaknya lebih dari sepuluh tahun membebaskan lantai dua rumahnya untuk menjadi tempat ibadah dan kegiatan lainnya bagi Komunitas Muslim Long Xuyen yang berjumlah 300 jiwa.

Sebelumnya memang pernah ada masjid di kota tersebut, tepat di depan rumah Thi Ri Yah, namun lebih dari sepuluh tahun lalu bangunan tersebut hancur karena terkena banjir dahsyat dan merendam cukup lama.

Ibu Thi menangis haru dan bahagia saat menerima kami di rumahnya sambil bercerita bagaimana selama ini masyarakat kesulitan untuk mendapatkan lahan yang nyaman sebagai tempat ibadah.

Dengan adanya bantuan dari masyarakat Indonesia ini, ia berharap Idul Fitri yang akan datang, mereka sudah bisa menikmati dan menyelami kerinduan yang terpendam selama ini untuk dapat beribadah dengan tenang dan nyaman sekaligus mendidik anak-anak mereka di madrasah yang permanen di Kota Long Xuyen, Provinsi An Giang. (adv)

Laman sebelumnya 1 2
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button