Nasional

Berkurban di Tengah Kesulitan Ekonomi

Oleh: Prima Hadi Putra

INDOPOSCO.ID – Tak bisa dipungkiri, ketika dunia sedang bergulat dengan tantangan perekonomian yang saat ini tengah berlangsung, penting bagi kita untuk meninjau kembali prioritas dan mengevaluasi kembali bagaimana tindakan kita atas segala situasi tersebut.

Di tengah mirisnya kondisi ekonomi saat ini dengan banyaknya fenomena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan tingginya pengangguran, menjadi penting bagi kita untuk menyadari urgensi untuk tetap berkurban. Kurban adalah salah satu muara penting dari program pemberdayaan ekonomi dari dana zakat dan wakaf yang telah terbukti memberikan dampak besar pada kehidupan para peternak mikro di banyak pelosok negeri.

Tahun ini, sangatlah penting bagi kita untuk bersama-sama mendukung kembali para peternak ini, tidak hanya untuk kesejahteraan mereka tetapi juga untuk pertumbuhan ekonomi kita secara keseluruhan.

Kurban telah berperan penting dalam mengubah kehidupan para peternak mikro. Menurut penelitian dalam kaji dampak yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa baru-baru ini, program Tebar Hewan Kurban telah memungkinkan para peternak untuk meningkatkan pendapatan mereka hingga rata-rata sebesar 30% dan juga membantu mereka memperluas usaha kecil mereka.

Piliyanti et.al (2024) dalam penelitian yang dilakukannya dalam kurun waktu 2017 hingga 2021 menggunakan data nilai tukar petani peternak dari Badan Pusat Statistik mengungkapkan bahwa program kurban ini juga telah berdapak positif dalam meningkatkan kesejahteraan para peternak secara keseluruhan. Studi menemukan bahwa kurban telah memberikan akses kepada para peternak pada layanan kesehatan dan pendidikan yang lebih baik bagi keluarga mereka.

Statistik ini merupakan bukti keberhasilan kurban dalam memberdayakan peternak mikro dan harus menjadi pengingat bagi kita akan urgensi untuk terus berkomitmen dalam mendukung program penting ini. Adapun penyebab dari berhasilnya program Kurban ini setidaknya alasan berikut.

Pertama, karena sebab kurban, para peternak mikro mendapatkan sumber daya dan bantuan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha kecil mereka. Hal ini mencakup akses terhadap modal, pelatihan, dan pendampingan, yang memungkinkan mereka meningkatkan strategi produksi dan pemasaran. Pada program Tebar Hewan Kurban (THK) yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa, sumber daya yang tercurah kepada para peternak mikro ini berasal dari pendayagunaan zakat dan pengelolaan wakaf.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button