Nasional

Komisi III DPR Nilai Langkah BNPT Perkuat Pengamanan Bandara SAMS Kaltim Sudah Tepat

INDOPOSCO.ID – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menilai langkah mitigasi oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) RI untuk memperkuat sistem pengamanan Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur menjelang peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah tepat.

“Jadi, langkah mitigasi oleh BNPT ini sudah tepat. Pastikan zero accident sejak proses persiapan hingga hari-H peringatan HUT RI sebab ini momentum paling sakral bagi bangsa kita,” kata Sahroni dalam keterangan yang diterima di Jakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (21/6/2024).

Sahroni menegaskan bahwa peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus itu merupakan momentum penting bagi bangsa Indonesia sehingga tidak boleh ada kesalahan sedikit pun.

“Aspek keamanan ini penting sekali, jangan sampai kecolongan, dan BNPT memainkan peran strategis dalam memastikan itu. Kita tidak pernah tahu ancaman itu bisa datang dari mana saja,” ujarnya.

Terlebih, lanjut dia, rencana peringatan HUT RI di IKN merupakan hal baru yang belum pernah sebelumnya sehingga proses persiapan dari aspek pengamanan tentu harus lebih ekstra dan teliti.

“Karena peringatan 17 Agustus di IKN ini ‘kan perdana, baru pertama kali, jadi merupakan sejarah baru buat Indonesia. Tidak seperti di Jakarta yang seluk-beluk pengamanannya sudah aparat hafal. Maka, harus ekstra jeli dan ketat,” katanya.

Menurut dia, lebih baik repot di awal ketimbang kecolongan pada hari pelaksanaan, baik itu di bandara maupun radius sekitar IKN.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button