Nasional

Plt Dirjenpas Resmikan Dapur Sehat, Klinik Pratama, dan Gereja Pniel di Lapas Banjarbaru

INDOPOSCO.ID – Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Plt Dirjenpas), Reynhard Silitonga meresmikan Dapur Sehat, Klinik Pratama, dan Gereja Pniel di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru, Selasa (4/6).

Dapur Sehat Lapas Banjarbaru atau Dapur Sehat Labaru ini merupakan inovasi pelayanan berupa penataan ulang sistem pengolahan dan penyajian makanan yang merupakan salah satu objek vital dalam memberikan pelayanan kepada Warga Binaan. Hal ini diharapkan memberikan manfaat dalam penyediaan makanan secara lebih higienis dan tertata, mulai dari pengolahan hingga pendistribusiannya sebagai salah satu upaya peningkatan kesehatan.

Reynhard mengimbau seluruh Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan wilayah Kalimantan Selatan untuk mempertahankan dan meningkatkan budaya kerja laik higiene, menjaga kualitas bahan makanan, serta merawat sarana dan prasarana penunjang layanan makanan guna mendukung program 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju. “Seperti kata pepatah, kesehatan adalah kekayaan yang sesungguhnya dan makanan sehat adalah kuncinya,” tegasnya.

Terlebih lagi, kepemilikan sertifikat laik higiene sanitasi harus diiringi dengan pengimplementasian budaya kerja laik higiene di dapur Lapas/Rutan di mana petugas dapur menjadi tulang punggung utama dalam menjalankan budaya kerja dimaksud selain ketersediaan sarana dan prasarana dapur sesuai standar kesehatan dan bahan makanan berkualitas. Diharapkan hal ini mampu mewujudkan kualitas makanan layak dan bercita rasa untuk dikonsumsi Tahanan, Anak, Anak Binaan, dan Narapidana sebagaimana diamanatkan Undang-Undang No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button