Nasional

Komisi IV DPR Tinjau RMU dan Pasar di Serang, Beras dan Pangan Lainnya Tersedia

INDOPOSCO.ID – Komisi IV DPR RI didampingi Kementerian Pertanian (Kementan), Badan Pangan Nasional (Bapanas), Perum Bulog dan ID Food melakukan kunjungan kerja ke penggilingan padi (Rice Milling Unit/RMU) dan pasar di Kota Serang, Provinsi Banten guna melihat langsung persediaan pangan khususnya beras dalam negeri hingga saat ini jelang Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Alhasil, stok beras di penggilingan padi dan pasar tersedia dan siap untuk memasok ke Bulog dalam memenuhi cadangan beras pemerintah sesuai harga pasar.

“Jadi pada pagi hari ini saya hadir bersama kawan-kawan Komisi IV bersama Kementan dan lain-lain melihat dan meninjau pasar, harga pasar untuk harga bahan pokok. Tadi kita ngecek beras . Beras kalau untuk lokal sendiri itu masih stabil Rp10.200 hingga Rp 10.800 dan premium Rp 11 ribu . Menurut saya harganya masih aman karena untuk daerah-daerah saat ini produksi masih surplus. Mudah-mudahan harga masih stabil untuk natal dan tahun baru,” demikian dikatakan Anggota Komisi IV DPR RI, Maria Lestari dalam kunjungan kerja tersebut di Serang, Banten, Selasa (13/12/2022).

Kunjungan kerja ini dipimpin Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin dihadiri para anggota didampingi Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Suwandi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi dan Dirut ID Food, Frans Marganda Tambunan dan Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita.

Berita Terkait

Maria pun menyebutkan selain beras, ketersediaan dan harga bahan pangan pokok lainnya aman dan stabil. Untuk ke depanya agar kondisi pangan aman di hari besar, Kementan perlu meningkatkan lagi akses pangan bagi masyarakat.

Baca Juga: Komisi II DPR Tunggu Pemerintah Kirimkan Perppu Pemilu

“Nah untuk yang lainnya juga tadi kita melihat harga telur dan yang naik itu harga cabe. Ini masukan buat Kementan cobalah kalau untuk hari besar bagaimana untuk harga kebutuhan pangan pokok kita ini bisa didapatkan dengan harga yang stabil dan terjangkau untuk masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu saat berdialog dengan Komisi IV DPR RI dan rombongan, Pengelola RMU Kelompok Tani Sridadi Serang, Haji Anis mengatakan ketersediaan beras saat ini tersedia. Kapasitas RMU yang dikelola 20 ton beras per hari dengan kapasitas bed dryer 25 ton per hari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button