Nasional

IKN Buka Kesempatan Penyedia Teknologi Kembangkan Kota Cerdas

INDOPOSCO.ID – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) membuka kesempatan kepada penyedia teknologi dalam dan luar negeri untuk berpartisipasi dalam pembangunan kota cerdas di IKN.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN Prof. Mohammed Ali Berawi mengatakan saat ini pihaknya mendapat berbagai masukan dan penawaran untuk berpartisipasi dari berbagai perusahaan dunia, baik yang sudah menjalankan konsep kota cerdas maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti Telkom dan PLN.

“Ini besar sekali average-nya, ini yang saya yakin tidak akan menyebabkan sebuah dominasi monopoli terhadap sebuah pasar teknologi, kita akan coba ini untuk memaksimalkan benefitnya bagi penduduk kotanya IKN atau pemerintah dan pelaku usaha,” ujar Prof. Ali.

Lebih lanjut, Prof. Ali mengatakan syarat yang diajukan untuk menjadi provider teknologi IKN adalah interoperabilitas, affordable, dan berkelanjutan. Nantinya perusahaan dari dalam dan luar negeri akan mengikuti lelang dan prosesnya transparan.

Menurut Prof. Ali, bila pemenang tender berasal dari luar negeri maka wajib mengikuti syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)

“Jadi walau luar negeri konsepnya TKDN, kita harapkan nanti kita bawa investor dari luar negeri ke Indonesia, dia akan joint venture dengan perusahaan-perusahaan dalam negeri,” ujarnya seperti dikutip dari Antara, Selasa (29/11).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button