Ekonomi

Efisiensi Langkah Kunci Hadapi Ketidakpastian 2023

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut upaya efisiensi menjadi langkah kunci untuk menghadapi sejumlah tantangan yang masih akan menghantui tahun 2023.

Luhut menyebut sejumlah tantangan pada tahun depan diantaranya akibat hubungan antara China dan Eropa, kebijakan zero-Covid China, pengetatan moneter AS, perubahan iklim hingga cyber war.

“Jadi ketidakpastian dunia itu masih sangat tinggi. Tapi kalau kita stabil, kita harus melihat efisiensi di dalam negeri,” katanya dalam Wisdom Wealth 2022 yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa (29/11) seperti dikutip dari Antara.

Menurut Luhut, langkah efisiensi dilakukan pemerintah diantaranya melalui digitalisasi. Ia mencontohkan, implementasi e-katalog untuk belanja pengadaan pemerintah yang mencapai Rp1.200 triliun, kini diarahkan untuk bisa dibelanjakan di dalam negeri untuk produk dalam negeri dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Tahun ini sudah Rp900 triliun (pembelanjaan pemerintah) melalui e-katalog. Itu akan menghemat kira-kira 25-30 persen dan menciptakan lapangan kerja di dalam negeri. Tahun ini sudah berjalan kira-kira hampir 40-50 persen dan tahun depan kita harapkan 90 persen semua state budget (anggaran pemerintah) itu procurement (pengadaan) harus beli di dalam negeri,” katanya.

Upaya efisiensi lain yang juga didorong pemerintah, lanjut Luhut, yaitu dengan mendorong penggunaan kendaraan listrik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button