Nasional

Ketua MPR Minta Pemerintah Kendalikan Inflasi untuk Hindari Krisis Sosial

INDOPOSCO.ID – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan bahwa setidaknya dunia akan melewati empat fase krisis, dan dengan pengendalian inflasi yang memada diyakini Indonesia mampu menghindar dari fase krisis sosial.

“Dunia akan melewati empat fase, krisis kesehatan, ekonomi, sosial, politik. Kita sudah berhasil melewati fase krisis kesehatan dengan baik, kita masuk ke krisis ekonomi, saya yakin dengan pengendalian inflasi dan pertumbuhan yang memadai, kita mampu menjaga krisis ekonomi tidak menjalar ke krisis sosial,” kata dia.

Dalam studi umum FHISIP Universitas Terbuka di Denpasar, Bali, Minggu, Bamsoet mengatakan krisis sosial sesungguhnya dapat terjadi apabila pemerintah salah dalam mengambil keputusan atau kebijakan saat fase krisis ekonomi.

“Potensi krisis sosial terjadi apabila kita salah dalam mengambil keputusan ketika mengalami krisis ekonomi, misalnya kemarin salah saja pemerintah ambil kebijakan penguncian (lockdown) kita pasti bergeser ke krisis sosial. Untung pemerintah mengambil kebijakan gas rem, sehingga roda ekonomi berjalan walaupun lambat,” ujarnya.

Bamsoet mengatakan saat ini meskipun berada di fase krisis ekonomi, Indonesia masih berada di jalan yang seharusnya. Ia mengambil contoh kondisi di Inggris, di mana kesalahan kebijakan menyebabkan krisis sosial seperti kelaparan dan penjarahan, sementara apabila krisis politik tercapai maka umumnya terjadi penggulingan kekuasaan.

Keempat fase krisis tersebut disampaikan Bambang Soesatyo pada studi umum peran UMKM dalam menghadapi persaingan global pasca pandemi yang digagas Universitas Terbuka di Bali.

Dalam kesempatannya, Ketua MPR RI itu membahas soal ancaman resesi global 2023 yang disebut-sebut para ekonom akan ditandai dengan bank sentral yang menaikkan suku bunga dalam menghadapi inflasi, dan adanya krisis oleh ketegangan geopolitik seperti Amerika-Tiongkok serta Rusia-Ukraina.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button