Nusantara

Ribuan Petani Tembakau Bersiap ke Jakarta Minta Kebijakan Cukai Ditinjau

INDOPOSCO.ID – Ratusan petani tembakau yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Temanggung berangkat ke Jakarta dengan tujuan Kementerian Keuangan untuk meminta kebijakan kenaikan cukai hasil tembakau ditinjau lagi.

Pengurus APTI Jateng M. Yamuhadi di Temanggung, Minggu, mengatakan aksi di Jakarta akan dilakukan pada 28 November 2022 dan total petani dari Jawa Tengah yang berangkat ke Kementerian Keuangan sekitar 1.300 orang.

Ia menyampaikan tujuan ke Jakarta untuk mengingatkan pemerintah pusat utamanya Kementerian Keuangan terkait kebijakan cukai hasil tembakau yang berimbas kepada petani tembakau.

“Kebijakan cukai tersebut kebablasan, karena setiap tahun naik dan imbasnya pada petani tembakau yang ada di daerah,” katanya.

Yamuhadi menuturkan terkait longgar dan tidaknya kebijakan pemerintah itu pasti menjadi tujuan petani akan menyampaikan pendapat di sana.

“Pertama kami akan sekadar mengingatkan kepada pemerintah terkait kami pernah diterima Pak Jokowi pada 22 Desember 2021 di salah satu rumah makan di Kabupaten Wonosobo yang kebetulan waktu itu juga didampingi Sekneg bahkan beliau sempat menyampaikan apa yang menjadi tujuan kami ketemu beliau, yaitu menolak kenaikan cukai sudah disampaikan ke Sekneg,” katanya.

Artinya, presiden memang sudah respon sekali dengan apa yang disampaikan perwakilan APTI dan Presiden juga menginstruksikan kepada Sekneg waktu itu untuk bisa berkomunikasi dengan perwakilan petani tembakau dan petani tembakau nasional tetapi sampai saat ini dari Sekneg tidak pernah membuka dialog dengan petani tembakau terkait dengan permasalahan kenaikan cukai yang setiap tahun selalu diwujudkan oleh pemerintah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button