Nasional

Kasus Difteri dan Campak Cukup Tinggi di Aceh

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut kasus campak dan difteri cukup tinggi di Aceh dalam beberapa tahun terakhir, sehingga masyarakat diminta melindungi anak mereka dengan imunisasi dasar secara lengkap.

“Campak terus meningkat karena imunisasi kita sangat rendah,” kata Pelaksana Tugas Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes Prima Yosephine di Banda Aceh, Jumat (25/11/2022).

Ia menjelaskan cakupan imunisasi dasar lengkap di provinsi paling barat Indonesia itu memang cukup rendah dalam beberapa tahun terakhir.

Berita Terkait

Baca Juga : Aduh, Indonesia Risiko Tinggi Penyebaran Polio

Kondisi ini pula yang menyebabkan anak di Aceh berisiko tinggi tertular penyakit yang selayaknya dapat dicegah dengan imunisasi, salah satunya polio atau lumpuh layu yang telah ada kasus di Kabupaten Pidie.

Ia menyebut penyakit lainnya, seperti campak dan difteri, juga banyak ditemukan di “Tanah Rencong” –sebutan untuk Aceh– itu. Padahal penyakit ini dapat dicegah melalui pemenuhan imunisasi dasar lengkap bagi anak.

Kemenkes mencatat pada 2020 terdapat 231 kasus campak di Aceh, pada 2021 sebanyak 79 kasus, dan pada 2022 sebanyak 1.510 kasus.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button