Nasional

Mentan Ajak Pemda dan Petani Tingkatkan Produksi

INDOPOSCO.ID – Indonesia dalam tiga tahun terakhir menjadi negara kedua terbesar di Asia Tenggara dalam memproduksi padi. Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di hadapan peserta tanam serempak padi yang dlaksanakan di Desa Cialam Jaya, Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sektor pertanian ke depan menurutnya akan semakin maju dan lebih baik dari hari ini dengan syarat kerja-kerja dalam pembangunan pertanian harus lebih keras, terencana, dan sistematis.

“Kita tinggal tentukan, mau pilih komoditas yang bisa dipanen 2 bulan, 6 bulan, 1 tahun, atau bisa juga dikombinasikan, itu semua orang bisa lakukan. Dan tadi saya lihat, begitu semangat dan bagus banget, saya saksikan kalau tidak malam saya mau naik motor lihat kiri-kanan,” kata Mentan, Jumat (19/8).

Mentan menjelaskan bahwa Kementerian Pertanian bersama petani dan pemerintah daerah terus melakukan upaya peningkatan produksi pangan terutama padi dalam rangka ketahanan pangan, salah satunya dengan IP 300.

“Tanam 3 kali tentu akan mengoptimalisasi potensi produksi dan pendapatan. Masak sih kita cuma tanam dua kali?, terus 1 masa tanam dibuang?, kalau hitung-hutungan luas yang tadi pak Gub sampaikan, ada potensi tambahan 30 miliar,” jelas Mentan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button