Nasional

Cegah PMK dengan Pengetatan Lalu Lintas Ternak

INDOPOSCO.ID – Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) mengingatkan perlunya mencegah penyebaran PMK dengan melakukan pembatasan dan pengetatan lalu lintas ternak antardaerah zona merah dan zona hijau.

“Penambahan kasus PMK akan dapat terus terjadi jika pembatasan dan pengetatan lalu lintas antardaerah zona merah dan hijau tidak diterapkan dengan tepat,” kata Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan PMK Prof. Wiku Adisasmito, Kamis (11/8/2022), seperti dikutip dari Antara.

Dalam konferensi pers mengenai perkembangan penanganan PMK, yang diakses secara daring dari Jakarta, Kamis, Wiku mengimbau kepada otoritas di provinsi dan kabupaten/kota yang berstatus zona hijau untuk melakukan pengawasan yang ketat pada lalu lintas hewan ternak dan produk segar hewan.

Berita Terkait

“Tujuannya agar wilayahnya terjaga dari penularan PMK dari wilayah yang berstatus zona merah,” katanya.

Baca Juga: Untuk Peternak, Jangan Takut Vaksinasi PMK

Pemerintah, kata dia, juga mengimbau kepada otoritas di provinsi dan kabupaten/kota yang berstatus zona hijau untuk segera membentuk satgas sebagai langkah mencegah penularan penyakit di daerah zona hijau.

Wiku menambahkan, berdasarkan data terakhir diketahui bahwa kasus PMK sudah teridentifikasi di 24 provinsi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button