Nasional

Kementan Siapkan Strategi Tingkatkan Produksi Gula Konsumsi

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian menyiapkan strategi dalam upaya peningkatan produksi gula konsumsi melalui pola ekstensifikasi maupun intensifikasi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo memerintahkan untuk mempersiapkan berbagai langkah untuk memenuhi kebutuhan gula nasional sesegera mungkin.

“Bapak Presiden men-challenge bahwa kita punya lahan masih cukup tersedia. Kita punya kemampuan untuk menghadirkan varietas yang bagus, bahkan beliau sudah mempersiapkan permodalan dalam skema KUR,” kata Mentan.

Untuk diketahui, produksi gula nasional pada tahun 2021 mencapai 2,35 juta ton atau naik 10,3 persen dari produksi tahun 2020 yang sebesar 2,13 juta ton.

Baca Juga: 5 Strategi Kementan Tingkatkan Produksi Gula Konsumsi Nasional

Produksi tersebut berasal dari produksi giling tebu dalam negeri oleh pabrik gula dan dialokasikan untuk penuhi kebutuhan gula konsumsi sebesar 3,2 juta ton. Dengan demikian, masih dibutuhkan tambahan produksi untuk swasembada sebesar 850.000 ton gula kristal putih (GKP).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button