Nasional

Yasonna ke Filipina Beri Paspor 800 Warga Keturunan Indonesia

INDOPOSCO.ID – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly melakukan kunjungan ke Filipina untuk memberikan dokumen paspor kepada ratusan warga keturunan Indonesia yang sempat belum memiliki kejelasan status kewarganegaraan atau stateless.

“Tujuan yang paling pokok adalah memberikan paspor, status kewarganegaraan, kepada warga keturunan Indonesia yang sudah beberapa generasi ada di sana dan status kewarganegaraannya belum jelas,” kata Yasonna usai bertemu komunitas masyarakat Filipina di Indonesia, Philippine Business Club Indonesia (PBCI), di Jakarta, Rabu (23/3).

Dalam kunjungannya ke Filipina, Kamis (24/3), Yasonna dijadwalkan menemui sekitar 800 warga keturunan Indonesia di Kota Davao, Kepulauan Mindanao, Filipina.

Baca Juga : Tekuk Bamsoet-Mbak Titiek, Menteri Yasonna-Dirjen PAS Juara Tembak Piala Danpaspampres 2022

Dengan memberikan paspor tersebut, dia berharap status kewarganegaraan ratusan warga keturunan Indonesia tersebut jelas, sehingga mereka bisa pulang ke Indonesia menggunakan paspor.

Selain itu, agenda kunjungan Yasonna ke Filipina ialah menemui Menteri Kehakiman Menardo Guevarra guna membahas beberapa isu. Dia juga berencana menemui Sekretaris Otoritas Pembangunan Mindanao Emmanuel Piñol untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Filipina.

Menurutnya, hubungan bilateral antara kedua negara tersebut perlu diperkuat karena terdapat banyak warga keturunan Indonesia di Kota Davao.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button