Nasional

Fit and Proper Test Calon Anggota KPU-Bawaslu Diragukan Lahirkan Sosok Berintegritas

INDOPOSCO.ID – Komisi II DPR menggelar uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test terhadap calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mulai Senin (14/2/2022) hingga Rabu (16/2/2022).

Terdapat sejumlah kriteria dalam memilih penyelenggara pemilu. Salah satunya ialah menekankan integritas dari para calon tersebut.

Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi) sepakat dengan kriteria yang ditetapkan dalam memilih penyelenggara pemilu.

Hanya saja, hal tersebut diragukan dapat terwujud, jika melihat kondisi partai politik saat ini.

“Saya kira syarat penyelenggara yang berintegritas itu merupakan syarat ideal yang entah bagaimana mewujudkannya. Keraguan sesungguhnya muncul karena kondisi parlemen serta parpol kita saat ini,” kata peneliti bidang legislasi Formappi Lucius Karus melalui gawai, Jakarta, Senin (14/2/2022).

Terlebih ketika penentu calon terpilih bukan atas dasar penilaian integritas. Namun, lebih pada kelenturan sang calon di hadapan kepentingan politik parpol yang menjadi pelaku utama Pemilu.

“Kelenturan menghadapi tuntutan parpol, yang berjuang untuk menang di Pemilu yang nampaknya jadi indikator penilaian utama dalam proses fit and proper test,” ucapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button