Nasional

Dunia Melihat UMKM Indonesia untuk Perkuat Ekonomi Hijau

INDOPOSCO.ID – Pertemuan sejumlah filantrofi dunia di Bali pada April 2022, yang akan membahas berbagai isu salah satunya UMKM adalah momentum bagi Indonesia untuk mempercepat UMKM unggul dan mendunia.

“Pertemuan itu adalah kesempatan Indonesia untuk mengambil manfaat guna menjalin kemitraan yang lebih luas,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Jumat (28/01/2022).

MenKopUKM menegaskan Indonesia memiliki potensi besar yang menjadi daya tarik bagi berbagai negara dan organisasi dunia termasuk para filantrofi untuk menjalin kemitraan. Sebab, dalam berbagai kajian menunjukkan trend ekonomi dunia akan bergeser dari ekonomi berbasis ekstraksi sumber daya alam ke ekonomi hijau yang berkelanjutan. Adapun, UMKM Indonesia memiliki modalitas besar untuk memimpin pergeseran ekonomi di masa depan tersebut.

“Indonesia dipandang strategis dalam masa depan ekonomi dunia karena kita memiliki generasi muda mencapai lebih dari 64 persen penduduk, keragaman sumber daya alam di darat dan laut yang kaya, pasar yang luas dengan potensi ekonomi digital yang sangat besar serta berbagai praktik baik pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat,” kata MenKopUKM.

Baca Juga : Dunia Melihat UMKM Indonesia untuk Perkuat Ekonomi Hijau

Berbagai kegiatan Internasional yang berlangsung di Indonesia sepanjang tahun ini menjadi peluang untuk optimalisasi tersebut, yakni kepemimpinan Indonesia dalam Forum G20, MotoGP di Mandalika, dan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR), KTT-APEC-ASEAN 2022.

“Kita berkepentingan dengan berbagai forum dan pertemuan internasional yang berlangsung di Indonesia untuk mengakselerasi dan menaikkan akses pelaku UMKM terhadap pembiayaan, pasar dan kemitraan yang lebih luas,” tegas MenKopUKM.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button