Nasional

Tokoh Badui Minta Perbaiki Jalan, Mensos Spontan Serahkan Tas Kresek Isi Rp100 Juta

INDOPOSCO.ID – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendatangi kampung Badui di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Tidak hanya untuk mengenali dari dekat proses pembangunan rumah bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos), dalam kunjungan ini Risma, sapaan Mensos juga melapangkan diri untuk beramah tamah dengan para tokoh adat.

Pembicaraan hangat berjalan di salah satu rumah adat di perkampungan adat Badui. Turut hadir mendampingi kunker Mensos, Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto, Direktur Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil Syafii Nasution dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebak Eka Dharmana Putra.

Dalam kesempatan itu, Mensos mempersilakan tokoh setempat menyampaikan permintaan. “Ya, kira-kira apa yang bisa dibantu?” tutur Mensos kepada warga setempat. Kepala Desa Kanekes Jaro Saija menyatakan, merasa tidak enak dengan tamu yang datang ke kampungnya, termasuk dengan Mensos dan rombongan.

Baca juga : Wajah Warga Suku Badui Itu Semringah Saat Mensos Datang

Karena akses menuju kampung Badui berupa jalan selangkah dan hanya berdasar tanah. Sehingga licin dan berbahaya waktu hujan seperti saat Mensos bertamu. Kepada Risma, dia mengusulkan sekiranya jalan tersebut bisa diperbaiki. “Kalau bisa dibantu bu. Kami bisa beli material untuk memperkeras jalan. Supaya lebih nyaman dilintasi warga,” tuturnya (20/1/2022).

“Berapa biayanya? Berapa meter itu panjangnya? Saya kasih sekarang bisa ya uangnya,” tutur Mensos. Ditanya Mensos lebih lanjut, Jaro belum bisa memperkirakan, berapa panjang dan luas jalan yang akan dibangun. Setelah bertukar pikiran sesaat dengan staf, Mensos langsung memberikan bingkisan dalam tas atau kantung kresek plastik dan menyerahkannya kepada Jaro.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button