Nasional

Wajah Warga Suku Badui Itu Semringah Saat Mensos Datang

INDOPOSCO.ID – Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi kampung Badui di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Kunjungan Risma, sapaan Mensos untuk mengetahui dari dekat proses pembangunan rumah bantuan Kemensos.

Untuk menjangkau lokasi, Mensos harus melalui jalan berliku meniti pinggang pengunungan Kendeng. Kendaraan rombongan beberapa kali harus bergerak lambat karena jalan berliku dan curam.

Perjalanan dengan kendaraan berhenti di terminal terakhir dan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Dengan penuh kehati-hatian, Mensos dan rombongan sampai di lokasi perumahan masyarakat Badui luar.

Tiba di lokasi Risma menyaksikan langsung aktivitas warga suku Badui yang sedang membangun rumah dengan dana bantuan Kemensos. Bantuan pembangunan rumah diberikan pasca insiden kebakaran yang melanda pemukiman mereka pada Oktober 2021 lalu.

Baca Juga: Gempa Pandeglang, Wapres Angkat Jempol Respon Cepat Kemensos

“Bagaimana ada kendala? Berapa lama dibutuhkan waktu untuk membangun rumah seperti ini?” kata Mensos, Jumat (21/1/2022).

Dari Mursid, tokoh Badui dalam, Mensos mendapatkan penjelasan untuk aktivitas pembangunan rumah diatur berdasarkan waktu tertentu tidak bisa setiap saat. Saat ini proses pembangunan sudah meliputi 18 unit rumah.

Untuk keperluan tersebut, total Kemensos mengucurkan nantuan sebesar Rp1.001.000.000. Rincian bantuan untuk pembangunan 24 rumah (@Rp35 juta) senilai Rp840 juta. Bantuan jaminan hidup selama 3 bulan x 500 ribu total sebesar Rp36 juta dan bantuan stimulan perekonomian Rp25 juta x 5 kelompok sebesar Rp125 juta.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button