Nasional

Pemerintah Kembangkan Kawasan Cagar Budaya Nasional Muaro Jambi

Bangun Potensi Wisata dan Ekonomi

INDOPOSCO.IDKawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Muaro Jambi telah ditetapkan menjadi Kawasan Strategis Nasional (KSN) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 26 Tahun 2008 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional.

Pada kawasan tersebut, saat ini dinilai belum optimal dalam pemanfaatan pada sektor pariwisata di KCBN Muaro Jambi yang memiliki potensi wisata sejarah, budaya, dan spiritual. Oleh sebab itu, pemerintah merapatkan barisan guna mempercepat pengembangan KCBN Muaro Jambi sebagai destinasi pariwisata yang berkualitas melalui kesiapan pada aspek amenitas, aksesibilitas, dan atraksi.

Dalam melakukan pengembangan KCBN Muaro Jambi, peran penataan ruang menjadi penting guna memitigasi risiko kerusakan lingkungan.

Baca Juga : Kurangi Masalah Pertanahan, Menteri ATR/Kepala BPN: Itu Pentingnya Percepatan Pendaftaran Tanah

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Sekretariat Negara agar dapat melakukan percepatan pengesahan Rencana Tata Ruang (RTR) KSN Muaro Jambi.

“Ditargetkan RTR KSN dapat disahkan pada September 2022,” ujar Luhut, dalam Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Candi Muaro Jambi sebagai Destinasi Wisata Berkualitas yang diselenggarakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (19/1/2022).

Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil mengatakan, terkait dengan tata ruang, Kementerian ATR/BPN bersama dengan pemerintah daerah akan mengoptimalkan segala aspek untuk kepentingan KSN Muaro Jambi dapat terlindungi dari kerusakan lingkungan dan sebagainya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button