Nasional

Pemindahan IKN Strategi Wujudkan Visi Indonesia 2045

INDOPOSCO.ID – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa menyatakan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur merupakan salah satu strategi mewujudkan Visi Indonesia 2045.

Visi Indonesia 2045 sendiri adalah cita-cita Indonesia untuk menjadi negara berpendapatan tinggi sehingga mampu menjadi bagian dari lima besar kekuatan ekonomi dunia.

“Pemindahan akan dilakukan adalah salah satu untuk merealisasikan Visi Indonesia 2045 yaitu pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan merata melalui akselerasi pembangunan kawasan timur,” katanya dalam Rapat Paripurna DPR RI di Jakarta, Selasa (18/1/2022), seperti dikutip Antara.

Baca Juga : Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara Harus Dipagari PPHN

Suharso mengatakan pemilihan Kalimantan Timur sebagai lokasi IKN baru telah didasarkan beberapa pertimbangan yaitu keunggulan wilayah serta sejalan dengan visi tentang lahirnya pusat gravitasi ekonomi baru di tengah Nusantara.

Dari sisi lokasi, letaknya sangat strategis karena berada di tengah wilayah Indonesia yang dilewati alur laut kepulauan Indonesia di Selat Makassar yang juga berperan sebagai jalur laut taman nasional dan regional.

Selain itu, lanjut dia, lokasi ini memiliki infrastruktur yang relatif lengkap seperti bandara, pelabuhan dan jalan yang lebih baik serta ketersediaan infrastruktur lain antara lain jaringan, energi, dan air minum yang memadai.

Baca Juga : Pansus DPR Sepakati Pembahasan RUU IKN Dilanjutkan Tim Perumus

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button