Nasional

Bea Cukai Berikan Asistensi Ekspor dengan Klinik Ekspor dan Kunjungan Pelaku Usaha

INDOPOSCO.ID – Sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui peningkatan ekspor, Bea Cukai mengadakan serangkaian kegiatan dalam memberikan informasi kesiapan komoditi ekspor, tata cara ekspor hingga asistensi ekspor yang dilaksanakan di berbagai daerah.

Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, mengatakan rangkaian kegiatan asistensi ini dikhususkan kepada pelaku usaha yang ingin melakukan ekspor ke luar negeri. Dengan demikian, kami ikut serta dalam menjalankan tugas sebagai industrial assistance serta dalam pemulihan ekonomi negara masa pandemi seperti ini.

Baca Juga : Asistensi dan Tilik Proses Bisnis Pengguna Jasa, Bea Cukai Andalkan Program CVC

“Kegiatan dilaksanakan secara terpisah di beberapa daerah yakni Ambon, Sumatera Utara serta Makassar melalui kantor pelayanan di daerah masing-masing. Kami memfokuskan pemberian materi terkait ekspor dari hulu ke hilir agar dapat memudahkan calon eksportir. Selain itu, kami juga menyiapkan beberapa buku panduan terkait ekspor yang memudahkan tim kami dalam memberikan pengarahan,” ungkap Firman.

Di wilayah Ambon, kegiatan asistensi dilakukan dengan mengunjungi gudang pala milik PT Kamboti Rempah Maluku yang bertujuan untuk melihat kesiapan produk pala yang akan di ekspor. Perwakilan Bea Cukai yakni Bea Cukai Ambon yang menerima informasi bahwa pelaku usaha mengalami kesulitan dengan cepat mengunjungi dan memberikan bantuan terhadap rencana ekspor perdana PT Kamboti Rempah Maluku tersebut. Rencananya, PT Kamboti Rempah Maluku akan melakukan ekspor biji pala ke Rotterdam Belanda.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button