Nasional

Ada Enam Sektor Ekonomi Lumajang-Malang Terdampak Semeru, Apa Saja?

INDOPOSCO.ID – Ketua Kamar Dagang dan Industri(Kadin) Jawa Timur, Adik Dwi Putranto mengatakan, ada enam sektor ekonomi di wilayah Lumajang dan Malang terdampak langsung letusan Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu(4/12), masing-masing perkebunan, pertanian, peternakan, perdagangan, pertambangan serta pariwisata.

“Dampaknya pada ekonomi cukup besar, karena Lumajang termasuk lumbung pangan Jatim, di sana banyak komoditas pertanian dan perkebunan yang menjadi komoditas andalan, di antaranya padi, kopi, tembakau, jagung, cabe dan tebu,” tutur Adik, dikonfirmasi di Surabaya, Minggu(5/12/2021).

Selain itu, tutur pengusaha asal Kota Batu ini, juga buah-buahan seperti pisang dan mangga, serta untuk Malang ada sayur-sayuran, buah dan bunga yang pasti mati apabila komoditas itu terkena abu vulkanik.

“Begitu juga dengan sektor peternakan dan pertambangan. Sebab, potensi peternakan Lumajang dan Malang juga cukup besar. Selain penggemukan sapi, di sana juga banyak populasi sapi perah yang menjadi pemasok beberapa industri susu besar,” katanya.

Baca Juga : Kawasan Wisata Bromo Tidak Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Untuk tambang, dia mengatakan, di Kabupaten Lumajang banyak terdapat tambang pasir, yang saat ini terhambat.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button