Nasional

Lakukan Berbagai Kunjungan, Bea Cukai Kawal Pemulihan Ekonomi Nasional

INDOPOSCO.ID – Mendukung program pemerintah dalam upaya permulihan ekonomi nasional (PEN), Bea Cukai melakukan berbagai kunjungan guna memastikan perannya dapat berdampak maksimal dalam menigkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di Makassar, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani, beserta jajarannya, malakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Makassar New Port (MNP), Minggu (7/11). Kunjungan ini bertujuan untuk memantau implementasi national logistik ekosistem (NLE) di MNP. Makassar New Port merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN), sebagai pelabuhan terbesar di Kawasan Timur Indonesia yang merupakan bagian dari penataan logistik nasional.

Baca Juga : Dorong Ekspor, Bea Cukai Perkuat Sinergi dengan Eksternal

Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, menjelaskan bahwa saat ini, sistem NLE telah terhubung dengan sistem di Pelabuhan Makassar terkait pelayanan DO Online, SP2 Online, Vessel Domestic dan Trucking.

“NLE telah menghubungkan sistem Bea Cukai dan Karantina dalam bentuk Single Submition Quarantine-Customs (SSmQC). Ini memungkinkan pengguna jasa hanya melakukan satu kali proses pengiriman data, karena SSmQC ini diikuti proses joint inspection, dimana pemeriksaan barang akan dilaksanakan bersama oleh kedua instansi. Jadi diharapkan memberi kemudahan masyarakat melakukan pengiriman barang,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button