Nasional

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Puluhan Ribu Benih Lobster dan Narkotika

INDOPOSCO.ID – Upaya penggagalan penyelundupan komoditas ilegal di berbagai wilayah Indonesia terus dilakukan Bea Cukai. Kali ini penindakan dilakukan oleh Bea Cukai Wilayah Kepulauan Riau dan Bea Cukai Bogor. Bea Cukai Kepulauan Riau berhasil menggagalkan penyelundupan 12.500 ekor benih lobster sementara itu Bea Cukai Bogor berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika.

“Penggagalan penyelundupan tersebut bermula dari adanya informasi masyarakat mengenai rencana penyelundupan benih lobster dengan modus ship to ship di perairan sekitar Batam. Modus ini lazim dipergunakan dengan tujuan untuk mengelabui petugas. Hal itu karena ketika berangkat dari titik awal, pelaku menggunakan kapal pancung yang biasa dipergunakan oleh nelayan, atau masyarakat pada umumnya yang bepergian antar pulau. Kemudian, di titik menjelang perbatasan negara tetangga, pelaku mengganti tipe kapal menjadi high-speed craft (HSC), agar sulit dikejar oleh kapal patroli bea cukai,” ujar Akhmad Rofiq, Kakanwil Bea Cukai Kepulauan Riau.

Baca Juga : Sukseskan Batam Logistics Ecosystem, NLE Apresiasi Bea Cukai dan Stakeholder

Atas informasi tersebut, satuan patroli Bea Cukai Kepri mengerahkan kapal-kapal patroli untuk bersiaga di titik-titik yang diduga akan dilewati oleh pelaku. Sekitar pukul 09.15 WIB, terlihat sebuah kapal pancung melintas. Curiga atas keberadaan kapal pancung tersebut, petugas kemudian meminta kapal berhenti untuk dilakukan pemeriksaan. Bukannya berhenti, kapal tersebut malah berubah arah berupaya melarikan diri. Sadar tidak dapat mengimbangi kecepatan kapal patroli, kapal pancung kemudian dikandaskan oleh para pelaku di salah satu pulau sekitar perairan Batam. Setelah mengandaskan kapal, para pelaku melarikan diri. Dari kapal yang dikandaskan petugas kemudian memeriksa muatan, dan dapat dipastikan muatan adalah benih lobster.

Karena menyangkut komoditi yang rentan, petugas tidak membuang waktu. Petugas patroli segera membawa muatan ke kantor Bea Cukai Kepri untuk dilakukan pemeriksaan, dan tiba kira-kira pukul 13.00 WIB. Pemeriksaan barang bukti dilaksanakan bersama dengan instansi berwenang, yaitu Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Tanjung Balai Karimun dan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Tanjung Balai Karimun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button