Nasional

BNPB Ingatkan Pemda dan Masyarakat untuk Waspada Dampak La Nina

INDOPOSCO.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan pemerintah daerah maupun masyarakat, untuk waspada dan mengantisipasi potensi dampak La Nina.

Kepala BNPB, Ganip Warsito membeberkan lima hal yang dapat dilakukan sebagai upaya mitigasi dan pencegahan jangka pendek dalam menghadapi dampak dari La Nina.

Pertama, memeriksa dan memastikan kesiapan personel, alat, sarana dan prasarana pendukung lainnya. Dengan menggelar apel kesiapsiagaan di daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Baca Juga : Waspada, Akhir Tahun Ini, La Nina Ancam Sektor Pertanian-Perikanan

Selanjutnya, pada level daerah diminta untuk menyiapkan rencana kontijensi (renkon) daerahnya masing-masing. Pemerintah juga dapat menyiapkan status siaga darurat di wilayahnya apabila diperlukan.

“BNPB telah menginstruksikan kepada BPBD untuk menyusun renkon dalam menghadapi bencana hidrometeorologi,” kata Ganip dalam keterangan virtual, Sabtu (30/10/2021).

Upaya mitigasi bencana hidrometeorologi untuk jangka pendek dapat dilakukan penanaman vegetasi, pembersihan saluran air, pembenahan tanggul sungai, penguatan lereng, serta optimalisasi penguatan drainase.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button