Nasional

Dana Kelola Haji Meningkat Rp155,1 Triliun

INDOPOSCO.ID – Dana kelola haji yang meningkat menjadi Rp155,1 triliun. Tata Kelola Keuangan Haji juga telah menerapkan teknologi digital berupa Aplikasi Ikhsan yang terintegrasi dengan siskohat di Kementerian Agama.

Pencapaian tersebut disampaikan oleh Anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Muhammad Akhyar Adnan, pada acara Diseminasi Pengawasan Keuangan Haji dengan stakeholder yang dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat, pada Selasa (12/10).

“Dana haji dikelola dengan aman, likuid sehingga tidak perlu khawatir, karena Tata Kelola telah memenuhi berbagai standard, antara lain menerapkan ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu dan 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Tak hanya itu, laporan keuangan BPKH yang diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan telah mendapatkan Opini WTP selama 3 tahun berturut-turut,” jelasnya.

Selain Akhyar Adnan, acara tersebut dihadiri oleh Anggota Komisi VIII DPR RI Mhd Asli Chaidir; Wali Kota Padang Hendri Septa, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat Buya Haji Gusrizal Gazahar.

Akhyar Adnan menjelaskan, pengelolaan dana haji juga terus meningkat pertumbuhannya tiap tahun walaupun pandemi pendaftaran sempat tersendat tetapi minat tetap tinggi. Menariknya milenial mulai banyak yang mendaftar.

Akhyar Adnan mengatakan, penyelenggaraan ibadah haji terpaksa ditunda karena pandemi. Namun nilai manfaat hasil pengelolaan dana haji sepenuhnya dikembalikan kepada jemaah tunda melalui pembagian virtual account Jemaah yang besaran rinciannya dapat dilihat di website virtual account https://va.bpkh.go.id.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button