Nasional

Mendes: Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Harus Jadi Kerja Bersama

INDOPOSCO.ID – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan penuntasan kemiskinan ekstrem harus menjadi kerja bersama kementerian atau lembaga, pemerintah daerah, serta pihak swasta.

“Kita terus meningkatkan komunikasi serta kerja sama dengan berbagai pihak untuk bersama- sama mengejar target Presiden Joko Widodo nol persen kemiskinan ekstrem di tahun 2024,” tutur Halim Iskandar seperti dikutip Antara, Jumat (8/10/2021).

Halim Iskandar mengemukakan hal itu di sela Rapat Koordinasi (Rakor) Pengentasan Kemiskinan Ekstrim Jawa Tengah di Gedung Gradhika Bakti Praja, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (7/10).

Gus Halim, sapaan akrabnya, menjelaskan untuk 2021 pengentasan kemiskinan ekstrem di Jawa Tengah difokuskan di Kabupaten Banyumas, Brebes, Pemalang, Banjarnegara, serta Kebumen. Ia optimistis penuntasan kemiskinan ekstrem di 5 daerah tersebut dapat selesai akhir tahun ini.

“Saya telah mengunjungi kelima daerah tersebut. Saat ini berbagai program pengentasan kemiskinan akan segera diluncurkan sesuai profiling warga yang membutuhkan berdasarkan data SDGs Desa yang kita miliki,” ucapnya.

Ia menyampaikan data SDGs Desa ini sangat penting untuk memastikan kalau program pengentasan kemiskinan tepat sasaran dan sesuai dengan “profiling” warga desa yang membutuhkan.

Hingga 6 Oktober 2021, sebanyak 44.520 desa atau setara 59 persen yang telah menuntaskan proses pendataan berbasis SDGs Desa. Rukun tetangga yang telah terdata sebanyak 485.280, dengan 30.901.327 kepala keluarga, 92.172.656 jiwa atau 76 persen dari total warga desa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button