Nasional

Indeks Komposit PPKM Meningkat, Waspadai Peningkatan Kasus

INDOPOSCO.ID – Masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi peningkatan kasus harian dalam tiga pekan mendatang.

“Indeks komposit indikator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengalami peningkatan hampir di seluruh wilayah dibandingkan dengan akhir bulan lalu,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro saat menyampaikan keterangan pers secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Rabu (18/8).

Ia mengatakan hingga saat ini aplikasi PeduliLindungi telah mencatat lebih dari 1 juta kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan atau mall.

Berita Terkait

“Meski masih terus disempurnakan, aplikasi PeduliLindungi berkontribusi cukup baik dalam penanganan pandemi,” katanya.

Reisa menyatakan pemerintah selalu mengedepankan keseimbangan antara aspek kesehatan dan ekonomi dalam penanganan pandemi.

Sesuai arahan Koordinator PPKM Jawa Bali sekaligus Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Panjaitan, kata Reisa, pembukaan kembali mobilitas dan aktivitas masyarakat harus dilakukan secara bertahap.

Langkah pembukaan mobilitas dan aktivitas masyarakat ini diiringi dengan peningkatan cakupan vaksinasi, kepatuhan terhadap protokol kesehatan, dan kecepatan testing, tracing dan treatment (3T). Hal ini diharapkan membuat pembukaan tidak memicu kenaikan penyebaran Covid-19 secara signifikan.

“Bapak Menko Marinves telah menjelaskan bahwa selama Covid-19 ini masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetap digunakan sebagai instrumen untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button