Nasional

BPOM: Obat Lianhua Qingwen Memiliki Risiko Besar daripada Manfaatnya

INDOPOSCO.ID – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menghentikan produk Lianhua Qingwen Capsules (LQC) donasi tanpa izin edar. Selama ini produk herbal tersebut diperuntukan sebagai produk donasi untuk percepatan penanganan Covid-19.

“Saat ini telah terdapat produk Lianhua Qingwen Capsules (LQC) yang terdaftar di Badan POM dan telah beredar,” kata BPOM dalam klarifikasi penghentian produk herbal LQC donasi dalam laman resminya, Kamis (8/7/2021).

BPOM menyebut, pada produk LQC yang terdaftar BPOM tersebut memiliki perbedaan komposisi dengan produk LQC Donasi (Tanpa Izin Edar Badan POM). Yakni tidak adanya kandungan bahan Ephedra, seperti yang terdapat pada produk LQC Donasi (Tanpa Izin Edar Badan POM).

Dalam kajian BPOM terkait keamanan dan manfaat produk tersebut dengan hasil:

Lianhua Qingwen Capsules (LQC) Donasi (Tanpa Izin Edar Badan POM) biasa digunakan untuk mengobati gejala simptomatik, seperti mempercepat hilangnya demam dan gejala simptomatik lainnya.

“Berdasarkan hasil studi, LQC diketahui tidak menahan laju keparahan (severity), tidak menurunkan angka kematian, serta tidak mempercepat konversi swabtest menjadi negatif,” kata BPOM.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button